Nazif Basir sebagai Pengarang

KEGIATAN SEBAGAI PENGARANG

Kegiatan karang mengarang telah dimulai sejak sekolah di Jogjakarta tahun 1953. Diawali dengan menulis cerita-cerita pendek yang dimuat oleh Majalah Minggu Pagi, Majalah Wanita, Majalah Bikini terbitan Jogjakarta, Majalah Cermin terbitan Surabaya, Majalah Waktu terbitan Medan, Majalah Lukisan Dunia (Parada Harahap) dan Majalah Aneka Terbitan Jakarta.

BUKU-BUKU YANG PERNAH DIKARANG

Setelah Pulang ke Padang pada tahun-tahun 60-an CV Genta Padang menerbitkan buku “Tersapa di Rimba Panti” berdasarkan Cerita Bersambung yang dimuat di Harian Res Republika. Penerbit yang sama juga pernah menerbitkan buku kecil cerita-cerita sketsa Humor yang diberi judul “Kaba Bagalau”. Kemudian beberapa bulan setelah terjadinya tragedi Nasional Gestapu melakukan pembunuhan terhadap Jendral-jendral Angkatan Darat, dengan kerjasama Kodam III, percetakan Sri Darma Padang menerbitkan Buku “Tujuh Pahlawan Revolusi” yang terdiri dari 2 jilid. Semuanya disusun berdasarkan bahan-bahan dari Dokumentasi Kodam III dan kliping-kliping Koran.

Tahun 1968 sampai dengan 1971 menjadi pelopor menulis cerita-cerita Silat Minang di Harian Singgalang. Salah satu yang melegenda ialah Cerlatbung (Cerita Silat Bersambung) “Palimo Alang Bangkeh” dan “Sapik Kalo Sigalapuang”.

Setelah kembali berdomisili di Jakarta menerbitkan buku-buku:

1. Buku “Sangrina Bunda, Indonesian Folk Dance and Music Company) dalam bahasa Inggris pada tahun 1994.

2. “Siapa Mengapa sejumlah Orang Minang” – Bersama Ed Sulverdi dan Yunisaf Anwar diterbitkan oleh BK3AM (Badan Kordinasi Kemasyarakatan dan Kebudayaan Alam Minangkabau – Jakarta) pada tahun 1995.

3. “Tata Cara Perkawinan Adat Minangkabau” – Dengan Isteri Elly Kasim diterbitkan oleh Elly Kasim Collection (EKC) pada tahun 1997.

4. Buku “Malin Kundang dan Naskah-naskah Operet lainnya” – Diterbitakan oleh Yayasan Indonesia dan dilundurkan tepat pada HUT ke 70 thn pada tahun 2004.

5. Buku “Yusaf Rahman – Komponis Minang” – Diterbitkan oleh Penerbit “Lubuk Agung” Bandung pada tahun 2007.

6. Buku “30 Tahun Sangrina Bunda” – Diterbitkan oleh Sangrina Bunda pada tahun 2008.

 

Indonesian Folk Dance and Musik Company

Indonesian Folk Dance and Musik Company

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: