About Blogger

Nazif Basir, lahir di Bukittinggi pada tanggal 5 Juni tahun 1934. Tamatan Akademi Seni Drama & Film Yogyakarta angkatan pertama tahun 1957. Awal karir berkecimpung di-pers sebagai wartawan dan pimpinan redaksi surat kabar Res Publika dan pendiri Harian Singgalang di Padang, kemudian pada tahun 1971 pindah ke Jakarta dan menjadi peimipin redaksi majalah Aneka Minang dan Varia Minang yang telah terbit di Ibukota sampai tahun 1974. Pada tahun 60 itu juga memimpin kelompok Teater Kota Padang yang secara kontinu mengadakan pertunjukan drama pada beberapa kota di Sumatra Barat.

Sejak tahun 1970 telah menulis dan menyutradai tidak kurang dari 36 buah naskah Operet seperti Tuanku Imam Bonjol, Malin Deman, Sabai Nan Aluih, Cindur Mato serta Operet Baralek Gadang yang dengan sponsor Yayasan Bunda yang dipimpin oleh Ibu Nelly Adam Malik telah dipertunjukkan di seluruh negara-negara ASEAN.

Sejak tahun 1978, bersama istri Elly Kasim mendirikan dan memimpin kelompok kesenian Sangrina Bunda yang telah mengadakan pertunjukkan di hampir seluruh kota-kota besar di manca negara.

1984 – 1987 bersama Taufiq Ismail memegang pimpinan LKAM (Lembaga Kesenian Alam Minangkabau Jakarta).

1988 – 1998 dua periode memegang jabatan ketua bidang kebudayaan BK3AM (Badan Koordinasi Kemasyarakatan dan Kebudayaan Alam Minangkabau Jakarta).

Menerima prestasi penghargaan sebagai Seniman dan Budayawan oleh Gubernur Sumatra Barat Drs. Hasan Basri Durin tahun 1990, dan Adi Karya dari Menteri Pariwisata Republik Indonesia Soesilo Soedarman tahun 1992.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: